Langsung ke konten utama

AKHIR DARI PERJUANGAN INI. DAN AWAL DARI PERJUANGAN BARU


HALLO GUYSSS!!!!
        Wah kayaknya blog gue udah berdebu banget ini. Berdebu parah yaa? hmmm :"))
Yak gue bakal cerita panjang. mungkin bakalan sangat panjang banget nihh. Gimana gak panjang, gue bakal nge-resume perjalanan gue selama dua tahun belakangan. heuheuheuehue. Panjang banget kan? Makanya gue saranin kalian duduk diam, kalo bisa sambil bawa popcon wkwk XD *bagi kali popcornnya* *dipukul*.

        OIYA!!! Perlu kalian tau, tujuan gue bikin tulisan ini bukan untuk mengumbar kesombongan. sama sekali BUKAN. Gue bercerita ini untuk menyemangati dan ingin memotivasi kalian untuk berjuang mendapatkan kursi di PTN terbaik di Indonesia. Jadi gue akan bercerita se-objektif mungkin dan diambil dari kisah perjuangan gue selama dua tahun ini. Hehehehehe :)))



       KUYLAH!
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kenalin dulu, Nama gue Aulia Brellian Pratama. Anak super biasa aja yang sekolah di daerah Kabupaten Tangerang. Tau? Gak tau pasti wkwkwk :"). Gue sekolah di salah satu sekolah negeri di daerah kabupaten juga. Ya, nama sekolah gue SMA 24 Kabupaten Tangerang. Masih gatau? yaudah gapapa :"D.

Pada awal gue mulai kelas 12 SMA, gue mulai terobsesi sama universitas negeri. Ya, walaupun dulu gue baru mandang ITB sih wkwkwk. Iya, gue cuma mandang ITB dan jurusan yang gue liat cuma SITH (Sekolah Ilmu Teknologi Hayati) kalo bahasa kerennya mah. Intinya itu Biologi ITB, Ya, Jurusan itu sampe gue tulis di halaman depan buku pelajaran gue agar gue baca terus. Lalu pada awal kelas 12 SMA pun gue belajar dengan intensif pakai Zenius Education. Walaupun cuma yang Internet sih bukan yang Xpedia, tapi gak kalah hebat kok Zenius ini. Dan gue pun ikut bimbel di Ganesha Operation. Mungkin sebagian dari kalian yang baca blog ini akan berpikir "Wah, lengkap banget". HAHAHAHAHHA. Seriously, guys, lu harus banget jaga motivasi lu deh. Beneran ini mah -_- *korban*. 

skip..
skip..
skip..

Gue mulai terbuka sama PTN lain. Ya... seperti UGM, UI, Undip, Unpad, dan lain lainnya. Dan mulai nyari tau tentang seleksi masuk nya. Ada SBMPTN, SNMPTN, SIMAK UI, UTUL UGM, SPMB UIN, SPMB UNS, USMI, UTMI, dan segala antek anteknya yang gabakal gue sebutin satu persatu coyyy. Banyak banget soalnya.. Gue cari tau, ternyata SNM dan SBM bedanya ini, itu. sampe semua temen gue kalo mau nanya apapun tentang Perguruan Tinggi itu nanya ke gue WAHAHAHAHA.

skip..
skip..
skip..

Hingga pada akhir tahun 2016 kemarin, gue sudah mulai memantapkan hati untuk memilih jurusan beserta universitasnya. Seleksi pertama yang datang adalah SNMPTN. Yap, setahun yang lalu gue bikin postingan SNMPTN gue di sini, Ya, gue milih Universitas Diponegoro sebagai tujuan universitas gue. Alhamdulillah, pada saat SNMPTN, gue termasuk kedalam kuota SNMPTN dan berada di urutan pertama ranking satu sekolah. Ya, suatu kebanggaan buat gue dan "sedikit" memperluas kemungkinan gue diterima. Dan juga, gue ngelampirin sertifikat lomba tingkat nasional gue pada saat seleksi itu, yang makin membuat gue PD banget saat itu. Dan dengan Yakin gue memilih Teknik Geologi dan Teknik Elektro sebagai pilihan saat SNMPTN. Kenapa gak biologi? kan di awal sukanya biologi. Entah saat itu gue beralih ke teknik dan jauh banget dari perkiraan gue *skeptis*.

Ini kartu peserta SNMPTN gue

skip..
skip,,
skip..

Sembari nungguin hasil SNMPTN, gue belajar untuk prepare Ujian Nasional dan SBMPTN. Karna gue ngerasa yaa.... ngeharepin SNMPTN itu kayak harus main lotre terus terusan tapi gatau tembus atau ngga. Lalu gue belajar pake Zenius jugaa. Gue belajar sampe jam 1 atau 2 malem setiap hari. Buat nontonin video zenius dan latihan soal di buku sakti GO. tapi kadang gue males juga, nah ini... malesnya gue yang jelek. kadang kalo udah demotivasi susah banget buat semangatnya lagi. Asli. susah banget deh. apalagi handphone itu sangat addictive  sekali boss :"")))))). Kerjaan gue juga belajar bareng sama temen-temen gue, belajar sama temen di GO sampe GO nya mau tutup. Ya begitulah kita para manusia ambis . Galupa sholat dhuha dan puasa senin-kamis dilakuin sama gue. Sampe buka puasa di tempat lesan :")).

Lalu hari ujian nasional pun tiba, Dan gue lebih memilih untuk menggunakan kemampuan diri sendiri *jangan tanya maksudnya apa* *kalian pasti tau wkwk*. Yaa... selama ujian nasional pun gue belajar juga sampe jam 2 malem di Zenius. HAAHAHAHA bodoh emang. harusnya pas ujian itu gue jangan belajar lagi-_-. setelah ujian nasional selesai, tibalah pengumuman hasil ujian nasional. yaa.. not bad lah untuk hasil gue. Nilai gue tidak menyalahi aturan untuk mengikuti ujian perbaikan. Jadi gue aman di saat beberapa temen gue mendapatkan nilai yang ngebuat mereka ikut ujian perbaikan walaupun tidak diharuskan. Setelah pengumuman SNMPTN, tibalah saat pengumuman SNMPTN!!! Jeng... Jeng.... Jeng.... Jengggg........... \
Waktu itu gue lagi di GO karna gue les persiapan SBMPTN. Dari kelas gue kedengeran anak yang teriak dari lantai bawah "ALHAMDULILLAH ITB!". Dan itu ngebuat gue sedikit down. Setelah jam istirahat les, gue sama temen-temen gue ke lantai bawah dan ngeliat para mba-mba pada sibuk nge-check-in nama peserta SNMPTN para anak GO. Dan ada yang buka sendiri juga...... Gue sama temen-temen gue duduk dan buka laman SNMPTN. gue inget banget itu jam dua siang. 
Gue buka punya gue, dan..... kalian tau apa jawabannya............................................

GAGAL! EHEHEHEHEHEHEHEHEH :)
SAKIT SIH HEHEHEH
Walaupun gue gak terlalu banyak berharap, tapi ini adalah penolakan gue yang pertama. sakit sekali. sampe kepikiran. dan gue mulai berjanji untuk berusaha di SBMPTN lebih giat lagi. dan juga, ibu gue yang terlihat sekali tidak merestui gue memilih undip tapi dia.... yaaa...... berdalih bahwa "yaudah pilihan kamu, gapapa mama ikut aja". tapi keliatan jelas lah seperti memang belum merestui. jadi ibu gue maunya gue kuliah di Jogja aja. sekalian nemenin mbah gue. so, ya gue berusaha seperti apa yang ibu gue mau.
setelah pengumuman SNMPTN, gue langsung beli tiket kereta untuk pergi ke jogja buat SBMPTN dan test UTUL UGM. HEHEHEHEH *udah bisa nebak dong yaa gue milih universitas apa :))*

ini foto kita terakhir les bareng di GO sebelum pisah karena SBMPTN


Pada saat H-3 SBMPTN 2016, gue pergi ke Jogja. Dan tetap gue belajar buat SBM di sana. sampe H-1 pun gue masih belajar, guyssss :). Padahal saat seperti itu lebih baik kalian itu gak belajar lagi. Sama seperti kalian, gue juga cek lokasi sebelum SBMPTN, gue dapet di Rumpun Kesehatan. Fakultas Kedokteran Gigi UGM. enaaa kan? wkwkwk\Tapi sayangnya gue gak diizinin masuk gedung saat survey. jadi cuma liat depannya aja. 
ini kartu peserta SBMPTN gue
YA! jadi gue pada saat SBM tahun lalu memilih UGM dan UPN YK sebagai tujuan universitas gue. dengan pilihan Teknik elektro UGM, Teknik geologi UPNYK, dan Biologi UGM. Kali ini gue mengeluarkan biologi dan dengan dua pilihan yang sama seperti SNMPTN, teknik elektro dan geologi. Saat hari-H SBMPTN gue berangkat sendirian. Btw, gue di Jogja di rumah mbah gue. sebelum berangkat gue ditelpon sama nyokap bokap, minta restu mereka, minta restu temen-temen, dan minta maaf gitu gitulah. hmmm... dan sebelum berangkat pun gue diberi wejangan oleh mbah gue. Sesampainya di daerah UGM, khususnya di gedung Fakultas Kedokteran Gigi UGM, gue mulai tegang. Iya, melihat para pejuang lainnya. sangan sangat tegang. mencoba tenang dan tarik nafas dalam dalam. melihat mereka sudah sangat siap sekali. Lalu, gue ngeluarin buku, YA GUE MASIH BACA BUKU! keliatan deh mental kayak gasiap gituuu :(. 
Bel berbunyi, dan gue mulai ngerjain soal. Test pertama yaitu TKD Saintek. Ya gue kerjain semampu gue, tidak memaksa, melihat hasil TO gue di GO yang seperti itu. Tidak pernah menyentuh angka 40%, hanya serata-ratanya 35%. Hmmm..... mungkin sekarang lu mulai mikir gue milih jurusan ketinggian. Oke gapapa hehehe, penonton dipersilahkan berkomentar. Lalu setelah TKD Saintek selesai, gue istirahat. setelah istirahat, dilanjut oleh TKPA. iya. gue langsung ngebuka lembar pola gambar. BOOM!!!! BOOMMMM!!! seperti bom meledak di otak! Ya! kenapa? Karna tipe soal SBMPTN 2016 untuk TKPA nya berubah. sangat-sangat berubah! ya ampun, gue panik. gue tegang. gue berkali kali liat jam. gue berkeringat. gue gak enak tiba-tiba.itu yang bikin gue gak optimal hanya karna distraksi soal sbmptn BERUBAH. keliatan kan gue gasiapnya? :( Jadi kalian jangan seperti gue.
Setelah selesai mengerjakan soal SBMPTN, gue pulang. Ya beneran pulang ke rumah mbah tanpa mampir kesana-kesini. Pulang. pokoknya gue mau pulang mau tidur. Otak gue panas banget. Gue hopeless sama SBMPTN, padahal itu fokus utama gue saat jauh jauh hari. Lalu sesampainya di rumah, mbah dan ibu gue(lewat tlp) langsung menodong dengan berbagai pertanyaan:
"Gimana, tadi bisa ngga?"
"Tadi ngejawab berapa soal?"
"Gak telat kan tadi ujiannya? Nyasar ngga?"
Dan segala macam pertanyaan yang lain. Gue jawab masih dengan nada malas tapi masih sopan dengan senyum. Gue sholat dzuhur dan tidur. OIYAAAA! Gue hampir lupa. di UGM, khususnya di kelas gue, HP, jam tangan, papan jalan, kotak pensil, tas, dompet, cincin, harus dilepas. YA! dilepas, padahal jam tangan biasa pun dilepas. hmmm....

skip..
skip..
skip..

Setelah sekian hari gue di Jogja, tibalah gue untuk mengikuti UTUL UGM. sebelumnya gue diharuskan untuk cek lokasi. kali ini gue dapet di gedung SV. UGM Teknik Mesin. Ya... gue liat gedungnya. gak sebagus gedung anak kedokteran sih. setelah gue cek lokasi, gue main ke GSP. gue ngeliat para anak UGM, banyak mobil di sana juga *kayak showroom mobil*, banyak yg olahraga, dan gue merinding kalo liat lapangannya. inget orang orang pada PPSM-an di sana dan gue pengen banget PPSMB-an. dengen segala formasi human LED nya. Lalu gue ke depan gerbang UGM, dan berkata
"Tenang, nanti gue kuliah di sini."
 
ini foto saat setelah gue cek lokasi

Hari H UTUL UGM tiba, Dan hampir sama seperti awal kejadian SBMPTN. Dateng ke gedung SV UGM. Dan lu tau apa? gue lebih tenang untuk ujian yang sekarang. lebih santai ngerjain soal dan lumayan banyak ngejawab soalnya. Tapi gue kaget saat TKPA, soal TKPA gaboleh dibawa pulang. Why? Ternyata soalnya gampang :). hmmmmm.... bukannya sombong atau apa, tapi emang bener deh. gue sampe mikir, "kalo manusia kayak gue aja nganggep soal ini gampang, pasti ribuan manusia lain di sana juga mikir ini gampang dan persaingan makin sulit."
AH BODO AMAT! yang penting gue ngerjain kan saat itu. Setelah selesai UTUL UGM, perasaan tenang dan lepas ada. tinggal nunggu pengumuman dua ujian itu (SBM dan UTUL). Setelah UTUL juga gue janjian sama temen gue Goldy yang pejuang SBMPTN 2016 juga. KIta berniat untuk keliling-keliling UGM. Kita ke semua fakultas, foto-foto walau pake kamera hape yang gak banget buat foto-foto tapi tetep nekat mau foto.
Awalnya gue ke GSP, lalu ke Teknik, Biologi, Kedokteran, FISIPOL, FIB, dll
pulangnya sampe sore banget.

YAP! ini saat di lokasi kejadian

skip..
skip..
skip..
skip..........
sampe pengumuman SBMPTN....
di jam 2 siang....
dan....
3...
2...
1...

Web error...
ulang..
3...
2...
1......

"TETAP SEMANGAT DAN JANGAN PUTUS ASA!!!"
GAGAL LAGI.
beneran down.
kayak digebuk kayu tepay dibelakang kepala.
sakit banget. mana nyokap ngeliatin dan dia kayak kecewa gitu. soalnya gue keliatan meyakinkan saat sehabis SBMPTN. dia kecewa dibalus dengan senyuman dengan bilang "Gapapa, tunggu UTUL lagi"

gue kabur dari rumah saat itu untuk beberapa jam...\
gue butuh ketenangan... gue bingung, apa maksudnya Allah nolak gue segininya? gue ngerasa manusia paling menyedihkan. Lalu beberapa hari kemudian, gue ngebuka web UTUL UGM karena pengumuman UTUL. gue lebih optimis di UTUL karena gue banyak ngerjain soal dan gue banyak bisanya. 
Dan...
Sekali lagi....

"MAAF ANDA GAGAL DALAM SELEKSI UTUL UGM"
Sekali lagi, gue ditolak PTN. Ya, mungkin gue gak diizinin sama Allah untuk ikut PPSMB-an. gak diizinin sama allah untuk dapet ilmu di sana. guenya belum pantes di sana. gue nangis tuh. ibu gue lebih diem sekarang. dan gue gatau harus apa. Lalu ibu gue ngomong "sekarang mau daftar ujian apa? ayo cepet daftar keburu tutup"/ sumpah gue buntu banget karena gue gak mikirin ujian mandiri yang lain. gue cuma berharap di UTUL atau SBM. itu aja. lalu gue milih UNS, tapi gue gakjadi daftar karna ibu gue langsung menarik omongannya dengan statemen "udah langsung daftar swasta aja. swasta yang bagus sekalian, daripada ikut ujian mandiri, belum tentu juga keterima.". AAAHHHHH!!! tambah buntu karena gue gak mikirin PTS sama sekali. gue terlihat arogan dan ambisius sekali untuk PTN dulu. dengan ogah ogahan gue buka PTS di daerah Jogja karna nyokap mau gue tetep kuliah di Jogja. ada tawaram Sanata Dharma, UII, UMY. gue pilih UII. dengan jurusan Teknik Lingkungan. Tapi gue masih gak minat sama sekali untuk PTS apalagi daftarnya. bener bener males banget. tapi gue udah gadiizinin ikut ujian mandiri. mau gamau, ya gue cuma melakukan jalan ini. Pada saat itu, gue hampir berpikir ibu gue seperti monster penghancur mimpi gue. 

Selang beberapa hari, gue disuruh untuk cepet ke Jogja. untuk daftar UII. tapi gue ogah ogahan. dan gue mau gapyear aja untuk persiapin SBMPTN dari awal. Ibu gue nolak. gue gaboleh nganggur. gue harus kuliah tahun 2016. dan gue kekeh mau nunda setahun aja. dan debat. ibu gue tetep gak setuju. suasana rumah jadi panas. semuanya serba gaenak. hingga suatu hari ibu gue udah nyiapin uang untuk gue pergi ke jogja dengan paksa kayak diusir gitu untuk daftar UII. gue ambil uangnya dengan gaenak hati. gue simpen aja uangnya di dompet.lalu gue nemu postingan Sabda PS tutor zenius tentang Gapyear. tulisan itu ditulis tahun 2012. ini tulisannya . SUMPAH ITU NGEBUKA GUE BANGET DAN MAKIN MEMPERKUAT GUE UNTUK NUNDA KULIAH COYY :""))))).
setelah gue baca itu, gue langsung mencari waktu yang tenang sebelum besoknya gue beneran pergi ke Jogja untuk ngomong baik baik sama ibu gue.

setelah ketemu waktu yang tenang (doi tenang pas lagi nonton film sinetron Hijabers dulu), gue ngomong pelan pelan untuk nunda kuliah. ibu gue langsung berubah emosi mukanya. sedikit menaik suaranya untuk neken gue menyerah dengan keadaan. gue tetep gamau kalah. walaupun masih tenang gue masih membujuk untuk nunda setahun. nyokap masih gasetuju. dan tangisan gue pecah. emosi gue naik. gue naikin suara. gue keluarin semua keinginan gue. gue lepasin semua unek unek gue. dan dia diem, dan mengakhiri perdebatan dengan kalimat "TERSERAH KAMULAH TERSERAH. MAU JADI APA JUGA TERSERAH KAMU LAH. MAU PERGI KEJOGJA SANA GAK JUGA SANA! TERSERAH". gue diem denger kata kata itu. percayalah, di saat ibu gue berkata seperti itu, ada suara serak tangis yang ia tahan agar tidak meledak di depan gue, tapi gak bisa bohong dia di depan gue. gue gak gubris, gue langsung ke kamar gue dan nangis. bodo deh pebaca di sini bilang gue cengeng. ini tangisan pertama setelah beberapa tahun terakhir gue gapernah nangis begini.

gue langsung berdoa,
"Ya allah kalo emang ini yang terbaik, tolong lancarkanlah urusan saya dan perjuangan saya. ridhokanlah ya allah"
 saat itu suasana gak tenang. gue diem dieman sama ibu gue. tapi berita baiknya, gue gajadi ke jogja untuk test UII. beberapa hari kemudian suasana membaik dan nyokap kayak masih nyindir gue pengangguran gitu. dan nyokap bikin peraturan sama gue
"kamu tahun ini nganggur tapi tahun depan(2017) harus ikutin kata mama daftar UII untuk cadangan kamu. paham?!"
gue mengiyakan dan hanya mengajukan satu syarat tambahan "iya gapapa. aku cuma mau minta beliin aku zenius, dan aku bakal ikutin permintaan mama"
DISETUJUI

selama gue nganggur, gue cuma belajar dan belajar. main juga sih tapi kali ini gue lebih serius. gue gak ikut les kayak GO atau apapun itu. gue gaenak minta sama ortu karna gue hanya minta syarat beliin zenius. dan gue beli zenius itu bulan November asal kalian tau. jadi dari awal Juli gue belajar mandiri. gue ikut kelas bimbel online di LINE yang nyediain itu @tutorialsbmptn dengan biaya 25ribu perbulan. murah kan? pengajarnya anak FTTM ITB, FKH UB dan FK UNHAS. gue ngerasa sangat bahagia ikut les di sana. 

Lalu gue ikut les di Exgen, di sana gue belajar dengan sangat ambissssss. Exgen juga grup belajar online gitu di LINE. tiap hari selalu ada soal soal yang gilaaaaa mantep bangettt bosss. dan deadline yang harus dipenuhi. mantep dehh pokoknya. biayanya 100ribu(waktu itu ada diskon) sampe menjelang SBMPTN. dan lessan ini sampe ngeluarin buku jugaa. OIYA pengajarnya juga dari ITB

Lalu gue ikut bimbel les dari GYGA Learning. kali ini belajarnya cuma fokus untuk 1pelajaran tapi ttg SBMPTN. Diajar langsung sama anak FITB ITB yang sedang menyelesaikan skripsi wkwkwk. di sini gak kalas asik belajarnya dan juga kita diajarin jawab soal dengan trik yang bukan cara cepat tapi masih sesuai aturan konsep yang ada,

Gue ikutin 3 Les itu secara bersamaan. tapi ditengah jalan gue left dari Exgen karena gue gasanggup dengan deadlinenya dan gue cuma ikut 2 grup. gue ikut Exgen sekitar 3bulanan. Ditambah gue ikut zenius net jugaa... 

Oiya gue juga ikut TO TOSSAKAUI dan segala macam kegiatan kayak test minat bakat dari GRAVITY UI, TO GRAVITY UI. dan segala macam yang berhubungan sama UI. gue sampe bilang sama temen gue
"apaan sih UI mulu. UI lagi, UI lagi. bosen gue. muak. hmm"
ini pada saat TO TOSSAKA UI
lalu gue ikut Teknik Openhouse UI dengan harga 15k. asik sih acaranya walau cuma sebentar. dan bisa foto nyobain pake jakun orang, padahal gue dulu gak suka jakun. hmm


ini foto kitaaa
dan selama gue gapyear, gue cuma ikut try out 3kali. ya benar! cuma 3kali. jangan diikuti ya teman teman. itu gabaik. gue gapernah ikut TO lagi. Gue juga berniat untuk masuk ITB ketimbang UI yang gak pernah kepikiran sama sekali sama gue. gue selalu ngebayangin untuk masuk ITB atau UGM. makanya hape gue ada video OSKM dan PPSMB gak ada video OKIK. karena dari awal gue gapernah kepikiran untuk masuk UI. jadi gue niatkan untuk ikut ITBDays daripada gue ikut UI Opendays wkwkkwk.
ini foto gue pada saat ITBDays di Plaza Widya Nusantara,
Untuk ikut ITBDays gue rela berangkat jam set4 pagi ke Bandung sendirian. wkwkkw dan gue sholawatin itu kampus. gue datengin. gue liat tiap fakultasnya. gue sholat di Salman. enak banget. gue nikmatin setiap daerah di ITB. gue berdoa semoga kali ini Allah ngabulin doa gue dan keterima di sini.
gue berdoa di depan gedung ITB ini sebelum gue mau pulang ke Tangerang. serelahnya gue langsung ubah wallpaper hape gue jadi ini

mendekati SBM gue makin gatenang dan gue makin lebih sering belajar. OIYA gue dapet belajar gratis dari FASILKOM UI namanya BETIS. alhamdulillah tanpa harus membayar biaya berjuta juta untuk bimbel dan bimbel ini kerja sama dengan Zenius Center. sangatttt senang. daripada gue harus merogoh kocek 10juta untuk Zenius Center heuheuheu. Dan gue berjanji untuk tidak menyianyiakan les gratis ini. gue udah tekat kalo keterima gue bakalan berangkat jam 5 pagi dari Tangerang untuk les di UI jam 8 pagi. ya itu gue lakukan setiap minggunya. ditambah lagi, kalau ada tambahan pelajaran yang gue minta sendiri ke mentornya. jadi gue harus dateng. jadi waktu itu hampir tiap hari gue ke UI cuma buat belajar tambahan sama anak FK UI 2015. asli niatan banget gue. gue masih belum mikir kalo ini cara Allah ngenalin gue ke UI karna hampir setahun belakangan ini gue selalu mengikuti kegiatan di UI. dan gue sangat berterimakasih dengan Allah karena beneran udah ngasih tau jalan yang terbaik buat gue :))). 
ini tim belajar gue kalau belajar tambahan di UI. anak FK nya yang cowo paling depan

Pendaftaran SBMPTN dan gue harus memilih jurusan. 
dan kali ini, 2017 formasi pilihan gue seperti ini FTI-J ITB, Bioproses UI dan Biologi UI. 
Yhaaaaaa. kali ini gue gak ambil PTN jogja dan juga gue ambil UI dan ITB. kali ini Ibu gue menerima dengan lapang pilihan gue. dan dia sudah merestui gue milih di mana aja. Oiya gue juga udah test di UII dan keterima di Teknik Kimia UII. Makanya ibu gue tenang gue udah punya cadangan kuliah. hehhe

Pada saat les di BETIS selesai, kita saling mendoakan dan memberikan semangat.
hari terakhir kita bertemu dan belajar di BETIS sebelum SBMPTN. mentor kita paling depan tuh berdua
SBMPTN datang dan kali ini gue lebih tenang. lebih siap. lebih tertata. lebih gabanyak pikiran dan tidak belajar sebelum hari H SBMPTN hehehehe. yaa gue pasrahkan kepada Allah semuanya yang akan terjadi pada saat SBMPTN.
Ya gue lancar banget ngerjain soalnya dan gue jarang banget TO SBMPTN. hmmm.........
gue hampir ngerasa soal TKPA SBMPTN 2017 itu mudah dan berpikiran sama kayak UTUL UGM. (baca di atas kalau lupa gue mikir apa). 
gue tetep positive thinking... dan menunggu hasil akhir.
memasrahkan segalanya sama allah.
gue udah usaha maksimal setahun ini selama gapyear, gue belajar bulak balik UI-Tangerang tiap hari cuma buat tambahan pelajaran yang cuma 2-3jam doang. gue yang masih belajar sampe larut malam, gue yang ngerjain soal di KRL walaupun itu KRL penuh banget sama orang dan desek desekan, walaupun kudu ngerjain soal sambil berdiri di kereta dengan buku sakti GO yang tebel banget. yaaa gue udah pasrahin hasil akhirnya sama allah. gue udah sering dhuha dan tahajud dengan puasa dawud. semua kembali sama kuasa Allah. gue cuma berdoa yang terbaik dan mendapatkan ridho allah.

setelah menunggu pengumuman tanggal 16 Juni kemarin pengumuman SBMPTN 2017
dan hasilnya adalah.....
3...
2...
1...

Web error.
ulang.
3...
2...
1...


TAARRRRAAAAAAA!!!!!!!
GUE KETERIMA DI BIOLOGI UI!!!! ASLI GUE GANYESEL DAN GUE NGERASA PUAS BANGET!
GUE BAGIAN DARI MAKARA BIRU-HITAM!!!
Yaaa gue bangga banget. mungkin allah mau ngasih tau, rejeki gue di UI bukan di UGM atau ITB. Allah mau ngasih tau gue harus ikut OKK daripada PPSM atau OSKM. Allah ngasih rejeki dari arah yang tidak diduga duga. gue langsung peluk ibu gue dan gue nangis dipelukan dia. gue bilang banyak terimakasih sama beliau karna udah kasih gue kesempatan kedua untuk buktiin ke dia kalau gue bisa ngebayar janji gue setahun yang lalu. dan dia pun nangis. 

jadi kesempulannya untuk para pejuang PTN:
TETEP SEMANGAT DI MANAPUN KALIAN BERADA. JALAN MENUJU ROMA ITU BANYAK BANGET GUYS.
jangan pernah remehin orang, tetep belajar sekeras mungkin, usaha dan doa gabakal ngekhianatin hasil. lu bakal dapet yang terbaik kalo lu yakin Allah bakal ngasih lu yang terbaik. cari tau minat bakat lu, cari tau passion  lu di mana. biar semuanya, tujuan hidup lu terarah gak ngambang.. kalau usaha jangan setengah setengah, kudu optimal dal maksimal dengan efektif dan efisien. bayar semua omongan orang yang ngerendahin kalian dengan hasil dari usaha keras kalian, nganggur setahun itu bukan masalah, nganggur setahun/dua tahun itu bukan masalah besar. lu harus hebat sesuai dengan keinginan lu. dipikirin lagi semua rencana yang udah lu susun itu.


SEMOGA KALIAN SEMUA YANG BACA TULISAN INI MENDAPATKAN YANG TERBAIK DAN DITERIMA DI TEMPAT YANG SEHARUSNYA JADI MILIK KALIAN,
INGAT ALLAH, DAN YAKIN KAU DIA SELALU ADA BUAT LU


SALAM DARI CAMABA BIOLOGI UI 2017
DITUNGGU YA KALIAN PAKAI JAKET KUNINGNYA 
HEHEHEHEHHEHEHEHEHHEHEHEH
:)







Komentar

Unknown mengatakan…
Gua terharu brel bacanya, gua kira dulu usaha gua udah yg paling keras ternyata ada yg lebih lebih lebih keras. Congrats ya brel tetep semangat. Semoga sukses terus!!
Pratama, A.B. mengatakan…
Makasih annisa hehehehe. Ini annisa temen gue smp kan? 😅. Lu juga semangat ya nisa!!! Semoga sukses juga. Aamiin 😊
Rhenaldi Adrian mengatakan…
Wah harus diikutin nih semangat nya bang breli:)
Pratama, A.B. mengatakan…
Semangat dek!!!!! :)
Unknown mengatakan…
Sangat menginspirasi brel, dan kenyataanya gue skrg ingin sbmptn 2018 :') semoga dpt restu dr keluarga buat gap year :(
Pratama, A.B. mengatakan…
Makasih ziz, temen seperjuangan aing!!!! Semangat ngambisnyaa!! Allah tau yang terbaik buat lu. Aamiin aamiin, semoga allah ngebuat lu dpt restu dr ortu :))
Anara mengatakan…
Subbhanaallah ceritanya sangat memotivasii kaa do'akan saya semoga Bisa lulus sbmptn 2018 nantiii, selamat ya ka brelli
Unknown mengatakan…
Sukses terus kak, doakan saya semoga 2018 bisa lulus sbmptn. Now, aku tahun ini bakal ngerasain yang namanya gapyear :"D
Pratama, A.B. mengatakan…
Wahhh aamiin. Semangat yaaaaaa gapyearnya. Intinya apa yabg gue omongin di atas semoga bisa lu terapin dan bisa dapet yg terbaik nantinya hehehe :))
Pratama, A.B. mengatakan…
Aamiin. Semoga sukses yaaaa. Makasih makasih selamatnya. Lu juga semangat ya dekkk :))
Karina gandi mengatakan…
Ikut BETIS itu gimana caranya kaa?
Pratama, A.B. mengatakan…
Biasanya nanti bakal ada infonya kok dek di semester dua. Sering sering cek instagram BEM Fasilkom UI yaa buat tau info BETIS ini hehehe
Unknown mengatakan…
Keren perjuangan'a,, btw itu ka klo mau ikut bimbel lwt line kya kk sebutin tdi (tutorialsbmptn, exgen dsb)cara daftar'a gmn??
Yopi mengatakan…
Thanks ya bang udah mau berbagi pengalaman berharganya ke kita. Aku bener2 jadi termotivasi banget bacanya. Btw, izin download wallpaper nya ya bang hehe
Anonim mengatakan…
Semangat ya kak,, thanks uda berbagi pngalamannya aku tahun ini juga gap year :)
Anisss mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anisss mengatakan…
"Di KRL sampe niattin buat belajar, berangkat jam 5 pagi" 2 kalimat itu terngiang ngiang terus disaat aku mulai males belajar. Semacam tamparan tersendiri. "Nohh perjuangan masuk ui itu gini loh Niss, masak kamu masih males gitu". Terus teringat kembali cerita kakak. Terimakasih telah berbagi pengalaman nya kak. Do'akan saya bisa menyusul sepertimu. Aamiin
Ridwan Septiadi mengatakan…
Worth to read :))

Postingan populer dari blog ini

3,2,1! 2-1-4 WAYANG *brakk* SUNDA!

halo, selamat malam. kali ini gue bakal post tentang angkatan paskibra gue di SMAN 24 Kab. Tangerang. gak kerasa ya, kita udah setahun menjabat, sekarang masa jabatan kita sudah selesai. dulu kita masih gak saling kenal, sampai akhirnya kita nggak mau pisah satu sama lain. hebat ya... mungkin orang bakal berpikir "apasih, paskibra doang? cuma gitu ajasih gue bisa". gak semudah yang dibayangkan ternyata, bro... kita disini dididik dan ditempa. menjadi orang orang yang hebat, keras, luar biasa. susah senang, manis pait, udah kita lewatin bersama. dari yang namanya di anj*ng-anj*ng-in, di beg*-beg*-in, ditol*l-tol*l-in, sampe di tabok pun kita pernah. dari dimanja-manja-in, di peluk-peluk-in, nangis bareng-bareng, dan ketawa sampee ngakak barengpun kita sering banget. disini kita belajar kekeluargaan, solidaritas, nasionlisme, disiplin, dan nggak lupa, setia kawan. bahagia punya mereka, hebat sekali. 214 memang cuma punya 18 member. tapi kita tidak bisa di

Sudirman bersamamu

kereta pagi hari mengantarkanku penuh, sesak, semua orang berhimpitan dan terhuyung-huyung ternyata, kereta pagi ini sama seperti biasanya cepatlah ber-Duri, hanya itu gumam dalam hati namun, Duri pun ternyata bukan menjadi tempat persinggahan terbaik maka, cepatlah ber-Sudirman wahai Sudirman segeralah bawa kerumunan ini ke tempatmu ku ingin bebas waktu berlalu kuulangi gumamku tiap kali di kereta dan aku selalu bahagia dengan Sudirman Sudirman selalu bekerja dengan baik wahai Sudirman, aku merindukanmu dengan segala hiruk pikukmu sedangkan aku hanya mematri diri di sini wahai Sudirman, aku rindu temanku aku merindukan pergi bersamanya aku merindukan tertawa, bahkan menangis bersamanya aku merindukan bercumbu bersamanya aku rindu dia wahai Sudirman, aku benci keadaan ini segeralah selesai aku ingin dia wahai Sudirman terima kasih atas pengalamannya aku sudah banyak belajar maka ku harap, sudahi pula ini sem